Pantai Banongan Situbondo, Pesona Pantai dengan Pohon Kelapa dan Pasir Hitam

CAKRA.OR.ID
Pantai Banongan Situbondo
Suasana Sunset Pantai Banongan Situbondo

Pantai Banongan Situbondo adalah salah satu destinasi wisata bahari yang menarik untuk dikunjungi. Pantai ini terletak di Desa Wringin Anom, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pantai ini memiliki keunikan berupa jajaran pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang garis pantai, serta pasir hitam yang membentang luas. Pantai ini juga menawarkan pemandangan indah, terutama saat matahari terbenam.

Sejarah Pantai Banongan Situbondo

Pantai Banongan Situbondo memiliki sejarah yang cukup menarik. Nama pantai ini diambil dari nama dusun di desa setempat, yaitu Dusun Banongan. Namun, pantai ini juga memiliki nama lain, yaitu Pantai Indah Firdaus. Nama ini diberikan karena pantai ini memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa, dengan berbagai jenis ikan dan terumbu karang. Pantai ini juga sering digunakan sebagai tempat latihan militer oleh TNI, karena lokasinya yang strategis dan kondisinya yang sepi.

Harga Tiket Masuk Pantai Banongan Situbondo

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Banongan Situbondo, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Harga tiket masuk ke pantai ini hanya Rp. 10.000 per orang. Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah bisa bermain air, berjemur, atau bersantai di bawah pohon kelapa. Anda juga bisa menyewa kano atau ban pelampung dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000.

Rute Menuju Lokasi Pantai Banongan Situbondo

Pantai Banongan Situbondo berjarak sekitar 33 kilometer dari pusat kota Situbondo, dengan waktu tempuh sekitar 55 menit. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, seperti sepeda motor atau mobil, untuk menuju ke pantai ini. Jika Anda berangkat dari alun-alun Situbondo, Anda bisa mengambil arah utara menuju Jl. Achmad Yani / Jl. Raya Pantura / Jl. Situbondo – Banyuwangi. Kemudian, belok kanan dan tetap berada di Jl. Achmad Yani atau Jl. Situbondo – Banyuwangi, hingga menempuh jarak sekitar 27 kilometer. Setelah itu, Anda akan menemukan plang bertuliskan Pantai Banongan, dan Anda tinggal mengikuti petunjuk jalan hingga sampai di lokasi.

Baca juga
Pelaku Pemerasan Sopir Truk di Situbondo Diamankan Polisi, Rekan Pelaku Masih Diburu

Objek Wisata Pantai Banongan Situbondo

Pantai Banongan Situbondo memiliki beberapa objek wisata yang bisa Anda nikmati, antara lain:

  • Pemandangan Pantai. Pantai ini memiliki pemandangan yang eksotis, dengan ombak yang tenang, pasir hitam yang halus, dan pohon kelapa yang rindang. Anda bisa berjalan-jalan di sepanjang pantai, berfoto-foto, atau duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati angin laut.
  • Suasana Sejuk. Pantai ini memiliki suasana yang sejuk dan nyaman, karena dikelilingi oleh pepohonan yang hijau. Anda bisa bersantai di bawah pohon kelapa, atau menyewa gazebo yang tersedia di sekitar pantai. Anda juga bisa menikmati udara segar dan aroma laut yang menyegarkan.
  • Berenang. Pantai ini cocok untuk Anda yang suka berenang, karena ombaknya yang tidak terlalu besar dan airnya yang jernih. Anda bisa berenang di sekitar pantai, atau menyelam ke bawah laut untuk melihat keindahan ikan dan terumbu karang. Anda juga bisa menyewa peralatan snorkeling atau diving di sekitar pantai.
  • Pasir Hitam. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam, yang konon berasal dari letusan Gunung Ijen. Pasir hitam ini memiliki tekstur yang halus dan lembut, serta mengandung mineral yang baik untuk kesehatan. Anda bisa bermain pasir, membuat istana pasir, atau menggosok-gosokkan pasir ke kulit Anda untuk mendapatkan manfaatnya.
  • Area Bermain Anak. Pantai ini juga memiliki area bermain anak yang cukup luas, dengan berbagai permainan yang menarik. Anda bisa membawa anak-anak Anda untuk bermain di sini, seperti ayunan, jungkat-jungkit, perosotan, atau trampolin. Anda juga bisa menyewa sepeda atau sepeda roda tiga untuk mengelilingi pantai.
  • Sunset. Pantai ini merupakan salah satu pantai terbaik untuk menikmati sunset di Situbondo. Anda bisa menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat, dengan langit yang berwarna-warni. Anda juga bisa berfoto-foto dengan latar belakang sunset yang romantis.
Baca juga
Keamanan Teknologi Blockchain dalam Transaksi Online

Fasilitas Pantai Banongan Situbondo

Pantai Banongan Situbondo memiliki beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan, antara lain:

  • Tempat Parkir Kendaraan. Pantai ini memiliki tempat parkir yang cukup luas, baik untuk sepeda motor maupun mobil. Anda bisa memarkir kendaraan Anda di sini dengan tarif yang bervariasi, mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 10.000.
  • Kamar Mandi / MCK. Pantai ini juga memiliki kamar mandi atau MCK yang bersih dan terawat. Anda bisa menggunakan fasilitas ini untuk membersihkan diri setelah bermain air atau pasir. Anda juga bisa menyewa handuk atau sabun di sekitar kamar mandi.
  • Gazebo. Pantai ini memiliki beberapa gazebo yang bisa Anda sewa untuk bersantai atau makan. Gazebo ini berukuran cukup besar, dan bisa menampung sekitar 10 orang. Anda bisa menyewa gazebo ini dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 50.000.
  • Warung Makan. Pantai ini juga memiliki beberapa warung makan yang menjual berbagai makanan dan minuman. Anda bisa menikmati makanan khas pantai, seperti ikan bakar, sate cumi, atau nasi goreng. Anda juga bisa menikmati minuman segar, seperti kelapa muda, es teh, atau jus buah.

Demikian artikel yang saya buat tentang Pantai Banongan Situbondo. Semoga bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk berkunjung ke pantai ini. Terima kasih.