Konsumsi Ikan Nila Bisa Cegah Kanker, Ini Alasannya

CAKRA.OR.ID
Konsumsi Ikan Nila Bisa Cegah Kanker
Foto: Pixabay

Konsumsi ikan nila bisa cegah kanker loooh! lebih jelasnya simak artikel ini sampai bawah ya!. Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ikan nila memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti protein, lemak, vitamin, mineral, dan asam lemak omega-3. Selain itu, ikan nila juga memiliki kandungan senyawa antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang dapat merusak DNA, protein, dan membran sel. Radikal bebas dapat berasal dari faktor eksternal, seperti polusi, rokok, sinar UV, dan radiasi, maupun faktor internal, seperti stres, inflamasi, dan metabolisme. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit degeneratif, termasuk kanker.

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan dapat menyebar ke jaringan sekitarnya. Kanker dapat disebabkan oleh mutasi genetik yang dipicu oleh radikal bebas. Oleh karena itu, mencegah dan mengurangi radikal bebas dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah dan mengobati kanker.

Salah satu senyawa antioksidan yang terdapat dalam ikan nila adalah astaksantin. Astaksantin adalah pigmen karotenoid yang memberikan warna merah pada daging ikan nila. Astaksantin memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat, bahkan lebih kuat dari vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Astaksantin dapat menangkal radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

Selain astaksantin, ikan nila juga mengandung asam lemak omega-3, yaitu asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA). Asam lemak omega-3 memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung, otak, mata, dan sistem kekebalan tubuh. Asam lemak omega-3 juga dapat menghambat proses inflamasi, yang merupakan salah satu faktor risiko kanker.

Baca juga
Tahun Baru 2024: Hening di Balik Meriahnya Pesta

Dengan demikian, konsumsi ikan nila dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, terutama dalam mencegah dan mengobati kanker. Ikan nila dapat dikonsumsi dalam berbagai olahan, seperti digoreng, dibakar, direbus, atau dipepes. Namun, perlu diperhatikan cara pengolahan dan penyimpanan ikan nila agar tidak mengurangi kandungan gizi dan antioksidannya. Sebaiknya, hindari penggunaan minyak goreng yang berlebihan, bumbu yang terlalu pedas, atau penggorengan yang terlalu lama. Selain itu, simpan ikan nila di tempat yang sejuk dan kering, dan konsumsi segera setelah dibeli atau dimasak.