Manfaat Buah Untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

CAKRA.OR.ID
Manfaat Buah Untuk Kesehatan Tubuh
Gambar Ilustasi Manfaat Buah Untuk Kesehatan Tubuh (Pixabay)

Manfaat buah untuk kesehatan tubuh adalah hal yang wajib anda konsumsi. Buah-buahan adalah salah satu sumber makanan sehat yang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Buah-buahan juga memiliki rasa yang segar dan manis, sehingga dapat menambah selera makan dan memberikan energi bagi tubuh. Mengonsumsi buah-buahan setiap hari merupakan pola makan yang baik dan dapat menunjang gaya hidup sehat. Beberapa manfaat buah bagi kesehatan tubuh antara lain adalah:

Mencegah Obesitas dan Menjaga Berat Badan yang Ideal

Buah-buahan mengandung banyak serat yang dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama dan mengurangi asupan kalori. Serat juga membantu melancarkan pencernaan dan mengeluarkan racun dari tubuh. Beberapa buah yang baik untuk diet adalah apel, pir, pisang, jeruk, kiwi, dan anggur.

Menurunkan Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah

Buah-buahan mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, dan karotenoid, yang dapat melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah. Selain itu, buah-buahan mengandung kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah normal. Beberapa buah yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah adalah delima, alpukat, blueberry, cranberry, dan stroberi.

Menurunkan Risiko Penyakit

Buah-buahan mengandung vitamin, mineral, dan fitokimia yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi. Buah-buahan juga dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, stroke, penyakit jantung, kanker, dan hipertensi, dengan cara mengatur kadar gula darah, mencegah peradangan, dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Beberapa buah yang baik untuk mencegah penyakit adalah nanas, mangga, jambu biji, lemon, dan tomat .

Menjaga Kesehatan Mata dan Mencegah Penyakit Mata

Buah-buahan mengandung vitamin A, vitamin C, dan beta-karoten yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A dan beta-karoten dapat membantu mempertahankan penglihatan yang baik, mencegah kekeringan mata, dan melindungi mata dari infeksi. Vitamin C dapat membantu mencegah penyakit mata terkait penuaan, seperti katarak dan degenerasi makula. Beberapa buah yang baik untuk kesehatan mata adalah wortel, pepaya, melon, aprikot, dan labu.

Baca juga
Fenomena Obsesi Diri di Era Medsos, Antara Pencapaian dan Permasalahan

Cara Mengonsumsi Buah yang Baik dan Benar

Agar manfaat buah bisa dirasakan secara maksimal, baik Badan Kesehatan Dunia (WHO) maupun Kementerian Kesehatan RI menganjurkan Anda untuk mengonsumsi sekitar 5 porsi buah dan sayur setiap harinya. Untuk mempermudah pelaksanaannya, dalam 1 porsi buah bisa berisi salah satu menu berikut ini:

  • Satu buah berukuran besar, seperti apel, pir, pisang, atau jeruk
  • Dua buah berukuran kecil, seperti plum dan kiwi
  • 100 gram (1 mangkuk kecil) buah anggur, ciplukan, stroberi, murbei, ceri, elderberry
  • Dua sendok makan salad buah atau buah kalengan
  • Satu sendok makan buah kering
  • 150 ml (1 gelas) jus buah segar

Anda disarankan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran yang berbeda setiap harinya untuk mendapatkan kombinasi nutrisi yang berbeda dari setiap buah dan sayuran yang dikonsumsi. Siasati ini dengan menyajikan buah beraneka ragam warna di setiap porsi per harinya. Anda juga bisa menyajikan buah dengan warna dan tekstur yang berbeda untuk meningkatkan selera Anda dan keluarga untuk makan buah.

Nah, agar Anda bisa mendapatkan buah dengan kualitas yang baik, belilah buah sesuai musimnya untuk memastikan buah sudah matang pada waktunya atau tanpa proses pematangan paksa dengan zat kimia. Selain itu, pilih buah yang masih segar, dilihat dari permukaan kulit dan batangnya. Pastikan buah tidak cacat atau busuk.

Demikian artikel yang saya buat tentang manfaat buah untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!