Daftar Tempat Wisata Seru di Jawa Timur yang Indah dan Populer

CAKRA.OR.ID
Tempat Wisata Seru di Jawa Timur
Gunung Bromo, yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, adalah salah satu ikon wisata Jawa Timur. (iStockphoto.com)

Tempat wisata seru di Jawa Timur sangat beragam dan indah serta memiliki budaya yang menarik untuk layak dikujungi. Jawa Timur, sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia, menawarkan berbagai destinasi wisata yang memukau. Dari pantai hingga pegunungan, Jawa Timur memiliki keindahan alam yang memikat hati setiap pengunjung.

Tempat Wisata Seru di Jawa Timur yang Indah dan Populer

Berikut ini adalah daftar tempat wisata seru di Jawa Timur yang indah dan populer, yang wajib Anda kunjungi.

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo, yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, adalah salah satu ikon wisata Jawa Timur. Gunung berapi aktif ini menawarkan pemandangan matahari terbit yang spektakuler dari puncaknya. Wisatawan bisa menikmati keindahan Bromo dari berbagai sudut, seperti Penanjakan, Bukit Kingkong, dan Bukit Cinta. Pasir berbisik dan savana di sekitar Gunung Bromo juga menjadi daya tarik tersendiri.

2. Kawah Ijen

Kawah Ijen terkenal dengan fenomena blue fire atau api biru yang hanya ada dua di dunia. Terletak di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso, kawah ini juga memiliki danau asam terbesar di dunia. Perjalanan menuju Kawah Ijen memerlukan pendakian yang cukup menantang, namun keindahan yang ditawarkan akan membayar semua lelah Anda.

3. Pantai Klayar

Pantai Klayar di Pacitan adalah salah satu pantai terindah di Jawa Timur. Pantai ini terkenal dengan batu karang raksasa yang berbentuk mirip sphinx dan seruling laut yang menghasilkan bunyi seperti musik. Pasir putih dan air laut yang jernih membuat Pantai Klayar menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

4. Telaga Sarangan

Telaga Sarangan, juga dikenal sebagai Telaga Pasir, adalah danau alami yang terletak di lereng Gunung Lawu, Magetan. Telaga ini menawarkan pemandangan yang menyejukkan dengan udara yang sejuk khas pegunungan. Pengunjung bisa menikmati berbagai kegiatan seperti berperahu, bersepeda air, atau sekadar bersantai di tepi danau.

5. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu, yang juga dikenal sebagai Coban Sewu, adalah air terjun yang menakjubkan di perbatasan Lumajang dan Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan bentuknya menyerupai tirai, membuatnya sering disebut Niagara-nya Indonesia. Untuk mencapai dasar air terjun, pengunjung perlu menuruni tangga yang cukup curam, namun keindahannya pasti sepadan dengan usaha yang dikeluarkan.

6. Batu Night Spectacular (BNS)

Batu Night Spectacular di Kota Batu adalah destinasi wisata malam yang menyajikan berbagai wahana dan atraksi menarik. BNS menawarkan pengalaman yang seru dengan lampu-lampu gemerlap, taman lampion, dan berbagai permainan yang cocok untuk semua usia. Tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan malam bersama keluarga atau teman.

7. Jatim Park

Jatim Park, yang terdiri dari Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3, adalah taman hiburan yang terkenal di Kota Batu. Setiap bagian dari Jatim Park menawarkan tema dan atraksi yang berbeda. Jatim Park 1 fokus pada edukasi dan hiburan dengan berbagai wahana dan museum. Jatim Park 2 memiliki Batu Secret Zoo dan Museum Satwa yang menarik. Sedangkan Jatim Park 3 menawarkan konsep taman hiburan modern dengan Dino Park, Fun Tech Plaza, dan banyak lagi.

8. Pulau Sempu

Pulau Sempu adalah cagar alam yang terletak di selatan Malang. Pulau ini terkenal dengan Segara Anakan, sebuah laguna tersembunyi dengan air biru jernih yang dikelilingi oleh tebing karang. Untuk mencapai Pulau Sempu, pengunjung harus menyeberang dengan perahu dari Pantai Sendang Biru dan melakukan trekking yang cukup menantang. Keindahan dan ketenangan di Segara Anakan menjadikan perjalanan ini sangat layak untuk ditempuh.

9. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran, yang sering disebut ‘Afrika van Java’, terletak di Banyuwangi. Taman ini menawarkan pemandangan savana yang luas dengan latar belakang Gunung Baluran. Wisatawan bisa melihat berbagai satwa liar seperti banteng, rusa, merak, dan berbagai jenis burung. Pantai Bama yang berada di dalam taman nasional ini juga menawarkan keindahan pantai yang masih alami dan kegiatan snorkeling yang seru.

Baca juga
Kelebihan dan Kekurangan Internet of Things (IoT) di Era Digital

10. Pantai Papuma

Pantai Papuma, yang terletak di Jember, adalah salah satu pantai terbaik di Jawa Timur. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya, batu karang yang menjulang, dan air laut yang jernih. Nama Papuma sendiri adalah singkatan dari Pasir Putih Malikan. Selain keindahan pantainya, Papuma juga menawarkan kegiatan seperti snorkeling, memancing, dan mendaki bukit di sekitar pantai untuk mendapatkan pemandangan yang lebih indah.

11. Gunung Semeru

Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa, adalah destinasi yang menantang bagi para pendaki. Terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, puncak Mahameru menawarkan pemandangan yang luar biasa. Perjalanan menuju puncak membutuhkan persiapan fisik dan mental yang matang, namun keindahan sunrise di puncak Mahameru serta Ranu Kumbolo yang mempesona menjadikan setiap langkah pendakian sangat berharga.

12. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi adalah salah satu destinasi pantai yang terkenal dengan ombaknya yang cocok untuk surfing. Pantai ini memiliki pasir berwarna kemerahan dan sebuah bukit kecil di lepas pantai yang bisa diakses saat air surut. Keindahan sunset di Pantai Pulau Merah juga menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan.

13. Candi Penataran

Candi Penataran adalah kompleks candi Hindu terbesar di Jawa Timur yang terletak di Blitar. Candi ini dibangun pada masa kerajaan Majapahit dan memiliki arsitektur serta relief yang indah. Kompleks candi ini terdiri dari beberapa bangunan seperti candi utama, candi perwara, dan pendopo yang menggambarkan kejayaan masa lalu.

14. Wisata Bahari Lamongan (WBL)

Wisata Bahari Lamongan adalah taman rekreasi yang terletak di pesisir utara Lamongan. WBL menawarkan berbagai wahana permainan air, akuarium, kebun binatang mini, dan berbagai atraksi lainnya. Dengan konsep yang menggabungkan edukasi dan hiburan, WBL menjadi destinasi wisata yang cocok untuk keluarga.

15. Museum Angkut

Museum Angkut di Kota Batu adalah museum transportasi terbesar di Asia Tenggara. Museum ini menampilkan berbagai koleksi kendaraan dari berbagai era dan negara, mulai dari mobil klasik, pesawat, hingga kereta api. Setiap zona di museum ini dirancang dengan tema yang menarik, seperti zona Hollywood, Eropa, dan Batavia, membuat pengunjung merasa seperti berjalan-jalan di berbagai belahan dunia.

16. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina di Malang menawarkan pemandangan yang eksotis dengan tiga pulau kecil di sekitarnya dan ombak yang cukup besar. Nama Goa Cina berasal dari sebuah goa di pantai ini yang konon pernah dijadikan tempat meditasi oleh seorang biksu dari Tiongkok. Pantai ini masih alami dan jarang dikunjungi, sehingga cocok untuk Anda yang mencari ketenangan.

17. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi, yang terletak di Pasuruan, adalah salah satu kebun raya terbesar di Indonesia. Kebun ini memiliki koleksi ribuan jenis tanaman, termasuk tanaman langka dan endemik. Selain menjadi tempat konservasi tanaman, Kebun Raya Purwodadi juga menawarkan pemandangan yang indah dan udara yang segar, cocok untuk rekreasi dan edukasi.

18. Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen di Pasuruan adalah taman safari terbesar di Asia. Taman ini menawarkan pengalaman berkeliling dengan kendaraan pribadi atau bus safari untuk melihat berbagai satwa liar dari berbagai benua. Selain itu, Taman Safari Prigen juga memiliki area rekreasi dan edukasi, termasuk zona air dan pertunjukan satwa.

19. Pulau Bawean

Pulau Bawean, yang terletak di Laut Jawa, menawarkan keindahan alam yang masih alami. Pulau ini terkenal dengan rusa Bawean yang endemik, serta pantai-pantai yang indah seperti Pantai Gili dan Pantai Noko. Wisatawan bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling atau diving di sekitar pulau ini.

20. Gunung Kelud

Gunung Kelud di Kediri adalah gunung berapi aktif yang menawarkan keindahan alam dan petualangan. Gunung ini memiliki kawah yang bisa diakses oleh pengunjung, dan saat kondisi aman, Anda bisa melihat danau kawah yang berwarna hijau. Selain itu, di sekitar Gunung Kelud terdapat pemandian air panas yang bisa digunakan untuk relaksasi.

Baca juga
Asus ROG Memukau Dunia Gaming dengan Serangkaian Aksesoris Terbaru di CES 2024

21. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna di Malang adalah pantai konservasi yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Pantai ini dinamakan Tiga Warna karena gradasi warna air lautnya yang berbeda, yaitu biru, hijau, dan cokelat. Untuk menjaga kelestarian alam, jumlah pengunjung dibatasi dan harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Kegiatan snorkeling di Pantai Tiga Warna adalah salah satu yang paling diminati.

22. Alun-Alun Kota Batu

Alun-Alun Kota Batu adalah tempat wisata yang cocok untuk bersantai bersama keluarga. Alun-alun ini memiliki berbagai fasilitas seperti bianglala, taman bermain, dan area kuliner. Suasana yang sejuk dan pemandangan yang indah menjadikan alun-alun ini tempat yang populer di malam hari.

23. Cangar Hot Spring

Cangar Hot Spring terletak di lereng Gunung Welirang, Batu. Pemandian air panas alami ini menawarkan relaksasi dengan air hangat yang mengandung belerang, baik untuk kesehatan kulit. Suasana pegunungan yang sejuk dan pemandangan alam sekitar membuat pengalaman berendam di Cangar semakin menyenangkan.

24. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung, juga dikenal sebagai G-Land, adalah surga bagi para peselancar profesional. Terletak di Banyuwangi, pantai ini memiliki ombak yang sangat besar dan konsisten, menjadikannya salah satu spot surfing terbaik di dunia. Selain surfing, Pantai Plengkung juga menawarkan keindahan alam yang masih alami dan suasana yang tenang.

25. Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo, bagian dari Jatim Park 2, adalah kebun binatang modern yang menawarkan berbagai koleksi satwa dari seluruh dunia. Kebun binatang ini dirancang dengan konsep yang menarik dan edukatif, dilengkapi dengan berbagai zona seperti savana, aquarium, dan reptil. Batu Secret Zoo menjadi destinasi wisata yang menyenangkan bagi keluarga, terutama bagi anak-anak.

26. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang di Malang sering disebut Tanah Lot-nya Jawa Timur karena memiliki pura yang terletak di atas batu karang besar di tengah laut. Pantai ini memiliki pasir putih dan ombak yang tenang, cocok untuk berenang dan bermain air. Keindahan sunset di Pantai Balekambang juga menjadi daya tarik yang memikat.

27. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi adalah salah satu taman nasional tertua di Indonesia. Taman ini terkenal dengan keanekaragaman flora dan faunanya, serta memiliki beberapa pantai yang indah seperti Pantai Plengkung dan Pantai Trianggulasi. Selain itu, taman nasional ini juga memiliki situs sejarah seperti Gua Istana yang sering dijadikan tempat meditasi.

28. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep di Malang adalah pantai yang menawarkan pemandangan indah dengan tebing-tebing karang dan pasir putih yang bersih. Ombak di pantai ini cukup besar, sehingga pengunjung harus berhati-hati saat bermain air. Selain itu, terdapat pulau kecil bernama Pulau Kombang yang bisa diakses saat air surut.

29. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura di Probolinggo adalah air terjun yang megah dan menawan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter dan terletak di sebuah lembah yang dikelilingi tebing tinggi. Untuk mencapai air terjun, pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapak dan sungai kecil. Keindahan dan kesejukan Air Terjun Madakaripura membuat perjalanan ini sangat berkesan.

30. Bukit Jaddih

Bukit Jaddih di Bangkalan, Madura, adalah kawasan bekas tambang kapur yang kini menjadi destinasi wisata unik. Bukit ini menawarkan pemandangan tebing kapur putih yang menjulang tinggi dan kolam alami yang terbentuk dari aktivitas penambangan. Wisatawan bisa menikmati pemandangan yang eksotis dan berfoto di berbagai spot menarik di Bukit Jaddih.

Penutup

Jawa Timur memiliki berbagai destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam, keunikan budaya, dan pengalaman yang tak terlupakan. Dari gunung hingga pantai, dari taman hiburan hingga situs sejarah, Jawa Timur adalah surga bagi para pelancong. Jadi, siapkan ransel Anda dan jelajahi keindahan Jawa Timur yang luar biasa ini!