PALEMBANG — Instruksi Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo SIK kepada seluruh jajaran untuk menindak tegas segala macam praktik kegiatan illegal apapun di Sumsel, di respon cepat Dirkrimsus.

Baru beberapa hari yang lalu Tim Gabungan Polda Sumsel, Polres Muba, Dandim 0401 Muba, Satuan Polisi Pamong Praja Muba, menghimbau kepada masyarakat Muba di Tiga Kecamatan (BHL) Batang Hari Leko, Keluang, Sanga Desa, Untuk tidak lagi melakukan aktivitas minyak illegal Driling agar tidak ada lagi kejadian insiden kebakaran beberapa pekan yang lalu.

Namun diduga masih ada yang melakukan aktifitas penyulingan minyak tersebut, sudah begitu banyak ilegal drilling yang sudah ditangkap kegiatan pengolahan seperti ini masih tidak di tertibkan oleh Polsek setempat, terutama Polsek Bayung Lincir yang wilayahnya sangat terkenal dengan tempat pengolahan minyak illegal seperti Desa Bayat yang letaknya tidak jauh dari Mapolsek Bayung Lincir sudah lama dengan bebas melakukan kegiatan masakan (pengolahan) minyak mentah ilegal.

Begitu juga ada dua Desa lain di wilayah hukum Polsek Bayung Lincir lain yang cukup kesohor dan merupakan Surga para pemain minyak ilegal dari Jambi dan Sumsel melakukan kegiatan bisnisnya di tempat tersebut antara lain Simpang Patin dan Berdikari kabupaten Musi Banyuasin Sumsel.

” Dari Video yang beredar dan Viral di Media Sosial (Medsos) Berdikari tidak jauh dari batas antara Provinsi Sumsel dengan Jambi, ada lebih kurang 40 tempat pengolahan minyak ilegal terbakar di lalap si Jago merah, Malam Jum’ at 22/06/2023 “.

Dalam video terlihat ada beberapa kali terdengar ledakan dari bahan bakar minyak yang terbakar dan apinya membumbung tinggi sampai kelangit.

Berdikari dan Simpang Patin merupakan surga bagi para pemain ilegal melakukan kegiatan pengolahan sekaligus tempat penampungan minyak hasil dari sumur ilegal driling diolah ditempat tersebut dan dijual ke Provinsi Jambi dan Provinsi Riau tanpa tersentuh oleh Aparat Polsek setempat, kegiatan ini sudah lama berlangsung.

‘Menurut informasi yang di dapat oleh tim awak media di lapangan, narasumber berinisial O mengatakan “memang adanya terjadi insiden kebakaran penyulingan minyak ilegal bertempat di Berdikari Desa Suka Jaya, Kecamatan Bayung Lencir dan kejadian kebakaran penyulingan minyak tersebut malam Jumat sekitar pukul. 18:40 WIB, bebernya. (Mara)

Iklan

error: