DOMPU NTB – SD Negeri 02 Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu NTB Akan Mengelar kompetisi Matematika, Sains dan Bahasa Inggeris pada Minggu 24 September 2023 mendatang.

Kompetisi ini diikuti oleh peserta tingkat TK, SD/MI, SMP/MTs dan SMA sederajat tingkat se-Kabupaten Dompu dan pemenangnya akan mendapat piala, piagam dan medali, kemudian diutus untuk mengikuti di tingkat provinsi.

Kegiatan kompetisi tersebut merupakan kerjasama antara SDN 2 Dompu selaku pihak kedua dengan Venus Foundation selaku pihak pertama yang telah disepakati melalui surat perjanjian kerjasama atau yang dikenal dengan Memorandum of Understanding (MoU).

“Betul, Sekolah kita dipercaya untuk jadi penyelenggara kompetisi ini dan kita sudah bentuk panitia internal, ada yang bagian publikasi, rekomendasi, sosialisasi, dokumentasi dan lain-lain,” ungkap Kepala SDN 2 Dompu, Haryono, S.Pd di ruang kerjanya pada Rabu (13/9) siang.

Untuk sosialisasi, lanjut Haryono, pihaknya sudah mulai berjalan di seluruh sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Dompu baik dengan cara langsung maupun melalui media sosial, dan pesertanya sudah mencapai hampir 200 peserta.

“Alhamdulillah, sejauh ini, pendaftaran dari berbagai macam sekolah yang ada di Kabupaten Dompu sudah mencapai 180 peserta terdiri dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA,” terangnya.

Adapun kategori yang dilombakan antara lain, di tingkat TK SD masuk di level A, khusus kelas I dan II, level B, kelas III dan IV, dan di level C, kelas V dan VI sedangkan di level D khusus pelajar tingkat SMP dan di level E khusus pelajar tingkat SMA.

Menurut Haryono, kompetisi yang digelar tersebut bukan hanya meraih juara dan hadiah di tingkat Kabupaten saja, namun para juara akan diutus untuk mengikuti kompetisi di tingkat provinsi dan hadiahnya selain piala, piagam, medali, juga mendapat uang tunai sebesar Rp 9 Juta rupiah.

“Lomba venus ini berjenjang, kalau para juara di tingkat kabupaten, nanti akan mengikuti ke tingkat provinsi dan finalnya di provinsi di situ lagi akan mendapat hadiah yang lebih besar lagi,” terang Haryono.

Untuk pendaftaran, SDN 2 Dompu selaku penyelenggara masih menerima pendaftaran hingga H-3 dan pendaftarnya bisa via online, dan di situ sudah disipkan link aplikasinya, dan bisa langsung datang di sekretariat SDN 2 Dompu.

“Panitia masih menerima pendaftaran dan kami sudah berbagi tugas sesuai perannya masing-masing dan Alhamdulillah, panitia sangat kompak dan solid,” paparnya lagi.

Disinggung terkait persiapan sekolah berhubung sekolah yang dipimpinnya itu dipercaya sebagai penyelenggara, Haryono lebih fokus ke pembinaan untuk meningkatkan kompetisi, bahkan, pihaknya sudah melakukan rapat dengan orang tua wali.

“Khusus SDN 2 Dompu, kita memacu bagaimana meningkatkan kompetisi ini, serta memberikan kompetisi ini yang sehat di tiap-tiap bidang, baik mata pelajaran IPA Matematika maupun Bahasa Inggris,” tandasnya.

Disamping itu, Haryono menambahkan, pihaknya berjanji akan membangun kompetisi sehat antara sekolah-sekolah yang ada di Dompu, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Apalagi, sekolah yang dipimpinnya itu merupakan sekolah penggerak yang menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain yang ada di Bumi Nggahi Rawi Pahu.

“Kemudian, menguatkan peminat anak sehingga nanti kita bina terus secara berjenjang dan kita juga punya harapan sebagai salah satu upaya sekolah penggerak yang bisa mengakselerasi program yang lebih jauh karena kita dituntut menjadikan model dan contoh bagi sekolah-sekolah lain,”Tutup Haryono. (YUN)

Iklan

error: