MUNA – Satgas TMMD 118 Kodim 1416/Muna menggandeng Dinas Pertanian Kabupaten Muna untuk memberikan penyuluhan kepada para masyarakat, di Kel. Tombula Kec. Tongkuno Kab. Muna, (9/10/2023).

Maman Subarma, S.P selalu pemateri/Penyuluh, mengatakan bahwa Para petani diberikan penyuluhan terkait cara meningkatkan produktivitas pertanian jagung, kacang, padi, dan tanaman palawija lainnya.

“mulai dari cara pengolahan tanah, pemilihan bibit yang benar, dan pemupukan yang tepat” Ucapnya.

Oleh karena itu, penyuluhan kali ini lebih ditekankan pada produktivitas tanaman jagung. Sementara hasil produksi jagung masih rendah.

“Produksi rendah karena cara penggunaan pupuk yang belum tepat, baik pupuk organik maupun pupuk kimia,’’ tuturnya.

“etani diharapkan bisa memastikan penyemprotan hama pada saat hama pada posisi yang lemah, misalnya saat hama masih berbentuk ulat. Selain itu, pentuluh mengatakan, tanaman jagung juga harus mendapatkan pengairan yang cukup untuk mendapatkan hasil produksi yang maksimal.

“Penyuluhan kali ini hanya sebatas teori, untuk praktek kami siap memberikan kembali penyuluhan kepada warga pada kesempatan yang lain,” terangnya

Sementara itu, Dan SSK (TMMD) Lettu Inf Hamid sebagai Danramil 1416-03/Tongkuno mengatakan, pihaknya berharap para petani Kel. Tombula dapat meningkatkan produktivitas tanaman jagung, pasca diberikannya penyuluhan dan sosialisasi dari Dinas Pertanian Kabupaten”.

“Kami berharap melalui kegiatan TMMD ini, para petani bisa menyerap apa yang disampaikan petugas penyuluh. Jika ilmu-ilmu itu bisa diterapkan dengan baik oleh petani, maka bukan tidak mungkin mereka bisa mendapatkan hasil produksi jagung yang meningkat dari sebelumnya dan lebih maksimal,” ujar Hamid

Kegiatan penyuluhan tersebut, merupakan salah satu rangkaian kegiatan non fisik dari TMMD ke-118 tahun 2023 Kodim 1416/Muna yang dimulai dari 20 September 2023 hingga dijadwalkan usai pada 19 Oktober 2023. (*/Hasrul Bella)

Iklan

error: