Politeknik Keuangan Negara STAN Kunjungi BUMKal Makmur Mandiri Sendangtirto

Tim Pendampingan Laporan Keuangan Politeknik Keuangan Negara STAN saat berada di Resto Pawon Pitoe Milik BUMKal Makmur Mandiri Sendangtirto (Mustofa/cakra.or.id)

SLEMAN – Tim Pendampingan Laporan Keuangan Politeknik Keuangan Negara STAN Kunjungi Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) Makmur Mandiri Sendangtirto, Kamis (8/6/2023) sore tadi. Kunjungan diawali ke Resto Pawon Pitoe yang juga dikelola BUMKal Makmur Mandiri.

Rombongan yang dipimpin Soffan Marsus ini, didampingi Nur Aisyah Kustiani, Sukarno, Ika Ratna dan Dila. Para pengajar atau Dosen Politeknik Keuangan Negara STAN ini, diterima Sekretaris BUMKal Makmur Mandiri Saefu Rijal, Ketua Unit Perdangan Surya Agung Budi Nugroho dan Humas BUMKal Makmur Mandiri Mukhlisin Mustofa.

Perlu diketahui, sebelum ke BUMKal Makmur Mandiri Sendangtirto Kapanewon Berbah, tim sebelumnya berkunjung ke BUMKal Rejo Gemilang Kalurahan Sendangrejo Kapanewon Minggir dan BUMKal Amanah Berdikari Kalurahan Sumbersari Kapanewon Moyudan.

Kepada awak media, Soffan Marsus menyatakan bahwa pendampingan laporan keuangan yang dilakukan lembaganya (Politeknik Keuangan Negara STAN) merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat khususnya Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) dan Badan Usaha Milik Kalurahan Bersama (BUMKalma).

Soffan yang juga alumni S2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM ini, berharap para pengelola keungan di unit-unit usaha yang dikelola BUMKal dan BUMKalma bisa melakukan pencatatan atau pembukuan laporan keuangan yang sederhana tetapi memenuhi kaidah akuntansi yang benar, sehingga mudah dipahami pembacanya (para pihak).

Sementara itu, sekretaris BUMKal Makmur Mandiri Kalurahan Sendangtirto Kapanewon Berbah Saefu Rijal, berharap para pendamping berkenan membagikan ilmunya (aplikasi laporan keuangan) yang mudah dan standar, sehingga mudah di aplikasikan di BUMKal Makmur Mandiri.

Hal senada juga disampaikan oleh Pj Unit Pengelola Sampah BUMKal Makmur Mandiri Surya Agung Budi Nugroho, ia mengakui keuangan di unit pengelola sampah belum menguntungkan secara profit, selain biaya operasional yang tinggi juga terkendala minimnya peralatan.

Sebagai informasi, seusai mengunjungi Resto Pawon Pitoe yang dikelola BUMKal Makmur Mandiri sekira pukul 15.30 WIB, tim Pendampingan Laporan Keuangan Politeknik Keuangan Negara STAN juga mengunjungi dan menyambangi Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle (TPS3R) dan Embung Sendangtirto.

Sebagai informasi tambahan, bahwa esok hari, Jumat (7/6/2023) sekira pukul 09.30 WIB, rangkaian kegiatan Pendampingan Laporan Keuangan bagi BUMKal dan BUMKalma hasil kerjasama antara Politeknik Keuangan Negara STAN dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Kabupaten Sleman akan digelar seremoni penutupan yang bertempat di Puri Mataram Resto & Wahana Wisata. (MM)

Iklan

error: