PURWOREJO – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) SAKTI Purworejo laksanakan materi Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) di SMKN 7 Purworejo. Kegiatan diisi dengan materi pembinaan kepada siswa sekolah, Kamis (13/4)

Kegiatan ini akan mengangkat tema “Mencegah Kenakalan Dan Kriminalitas Dengan Memahami Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari.”

Dalam kegiatan ini ada dua sesi, untuk sesi pertama disampaikan oleh K.A. Dewa Antara, SH yang membahas Pencegahan kenakalan dan Kriminalitas, dan sesi Kedua disampaikan oleh Hari Widiyanto, SH.MSI yang membahas mengenai Implementasi Nilai Nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Hadir dalam acara tersebut Ketua LBH SAKTI Purworejo K.A. Dewa Antara SH, Advokat Hari Widiyanto beserta jajaranya, Kepala sekolah SMK N 7, Para guru dan Para siswa SMKN 7 Purworejo yang berjumlah kurang lebih 177 siswa.

Dewa Antara mengatakan degradasi moral yang menyebabkan maraknya tindak pidana dikalangan remaja terlebih anak yang berstatus pelajar cukup tinggi, hal ini karena tidak memahami mengenai nilai-nilai Pancasila dan bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai upaya menekan preventif tindak pidana oleh remaja BPHN (Badan Pembinaan Hukum Nasional) Kementrian Hukum dan HAM RI mengadakan program kegiatan “BPHN Mengasuh” yang dilaksanakan oleh Para Penyuluh Hukum dan OBH (Organisasi Bantuan Hukum) yang di giatkan sejak 20 Maret 2023 hingga 14 April 2023.

“Kita salah satu OBH terakreditasi yang ditunjuk oleh Kementrian Hukum dan HAM RI turut serta melaksanakan dan memeriahkan kegiatan BPHN, ” ungkap Dewa.

Sementara Kepala Sekolah SMKN 7 Purworejo yang diwakili oleh Adi Setiyono, S.Pd menyambut baik dengan adanya kegiatan yang pertama kali diadakan di SMKN 7.

“Kami berharap para anak didik mampu mengambil kesempatan ini sebagai pembelajaran dan mampu menyimpan dan bermanfaat bagi tingkah laku dalam kehidupan sehari hari,” harap Adi Setiono.

Lanjut Adi Setiyono, sedangkan untuk para guru harus ikut serta menularkan atau menyampaikan ke masyarakat secara umum terkait dengan apa yang disampaikan dalam BPHN mengasuh ini.

“Jadi jangan sia-siakan kesempatan yang bagus ini untuk diambil ilmu dan dilaksanakan setiap hari” pungkas Adi Setiyono.

Untuk diketahui, Kegiatan ini diharapkan untuk para peserta kegiatan BPHN Mengasuh mendapatkan pengetahuan terkait nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari sehingga bisa membentengi diri dari hal-hal yang akan menjerumuskan dalam kriminalitas serta hal-hal tercela lainnya yang tidak mencerminkan sikap pelajar Pancasila.

Pewarta : Purwanto

Iklan

error: