KULON PROGO – Pedukuhan Derpoyudan, Kelurahan Tirta Rahayu, Galur, Kulon Progo sekitar 30 km dari kota Yogyakarta. Ketika masuk ke pedukuhan Derpoyudan sepintas terasa sunyi, pohon-pohon besar dan tanah pekarangan luas menjadi wajah pedukuhan tersebut.

Eko Purnomo sebaga Kepala Dusun, sangat aktiv dengan program peningkatan kreativitas warganya. Kelompok Ecoprint Derpoyuda berdiri pada akhir tahun 2019. Progresnya cukup menarik dan membantu peningkatan perekonomian. Akan tetapi progresnya menjadi tersendat oleh pandemi.

“Untuk urusan dapur, sangat menantang dan perlu pemikitan strategis, maka kami mensiasati dengan berbagai peningkatan ketrampilan untuk berbagai latar belakang dan minat warga Derpoyudan. Ecoprint ini sangat membumi dengan lingkungan kami. Bahan baku dari mulai pewarna sampai dengan pembuatan motif kain tersedia banyak di lingkungan pekarangan kami ” ungkap Kadus Eko kepada awak media Cakra.or.id

”Hari ini adalah hari yang istimewa bagi kelompok Ecoprint Derpoyudo, karena mendapat kunjungan Tim Kurasi Diinas Pariwisata dan Industri Kreatif. Ibu Erwin, praktisi Iindustri Kreatif bidang seni dan fashion. Ibu Avi Praktisi Industri Kreatif bidang boga, Ibu Sekar selaku praktisi Industri Kreatif bidang kemasan (packaging),” kata Pak Eko menambahkan.

Kehadiran Tim Kurasi ini bisa menjadi angin segar dan suport daya bagi Kelompok Ecoprint Derpoyudo yang sudah hampir mati suri dan tinggal beberapa person yang bertahan.

Reporter Eko Marwanto

Iklan

error: