Kodim 0708/Purworejo Gelar Screening Katarak Gratis

Kodim Purworejo mengadakan screening katarak secara gratis kepada masyarakat

PURWOREJO – Sebanyak 131 orang mengikuti screening calon pasien katarak yang di adakan oleh Kodim 0708 Purworejo bekerja sama dengan A New Vision Indonesia di Aula Makodim.Minggu, (13/08/2023). Kegiatan ini dalam rangka Baksos Akmil angkatan 1993.

Calon pasien akan menjalani beberapa tahapan mulai dari regristrasi,visus (pengecekan mata dengan jarak 6 meter), pemeriksaan dokter untuk menentukan pasien tersebut akan operasi atau di berikan obat. Selain pemeriksaan mata juga warga di berikan layanan kesehatan secara gratis.

Saat membuka acara tersebut Dandim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Yohanes Heru Wibowo menyampaikan untuk peserta scerening melebihi dari daftar yang sudah di data oleh para babinsa di wilayah masing masing. Masyarakat secara mandiri hadir untuk mengikuti kegiatan ini karena mendapatkan informasi dari media sosial.

“Untuk peserta mencapai 131 orang, yang memenuhi syarat untuk di ambil tindakan oprasi sebanyak 65 orang.Kegiatan ini murni bakti sosial gratis untuk mendukung kesehatan masyarakat Kabupaten Purworejo, “ungkap Dandim.

Lebih lanjut Dandim menambahkan untuk rencana pelaksanaan operasi akan di laksanakan pada tanggal 18 Agustus 2023, namun pada tanggal 17 sore para pasien yang memenuhi syarat untuk di operasi akan diantarkan ke RST Soejono Magelang.

“Kami berharap dengan baksos ini TNI bisa hadir ditengah masyarakat untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat, mensejahterakan dan memberikan fasilitas kesehatan bagi warga di Kabupaten Purworejo, ” imbuhnya.

Sutopo (55) salah satu warga Kaligesing mengatakan dirinya mengaku mengalami keluhan di mata sebelah kiri saat melihat jarak jauh sasarannya kabur.Setelah mendapatkan pemeriksaan dari tim dokter maka di nyatakan memenuhi syarat untuk di ambil tindakan oprasi di RST Soejono Magelang.

“Alhamdulillah saya bisa menjadi peserta baksos oprasi katarak yang di laksanakan oleh TNI. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat banyak untuk menolong warga yang memiliki keluhan khususnya mata, ” pungkasnya. (Alx)

Iklan

error: