Indra Suroinggeno, sosok pemuda pendiri dan pemilik Museum Wayang Beber Sekartaji ini sangat patut diteladani. Kepada awak media Cakranews dengan santun menuturkan, “Mohon Doa Restu Sahabat Sekartaji dan seluruh warga negara Indonesia, pada Hari Kamis 1 Juni 2023 akan menyelenggarakan acara kirab Garuda Arupa Bhumi keliling desa.”
Peristiwa momentum peringatan Hari lahir Pancasila ini sekaligus ngiras pantes digunakan untuk edukasi dan eksistensi kearifan lokal Wayang Beber sehingga gema Museum Wayang Beber Sekartaji lebih meluas.

“Museum Wayang Beber Sekartaji, di dukung oleh Pokdarwis Almira , Desa Wisata Dewi Sri, Pedukuhan Kanutan, dan Desa Sumbermulyo akan menjalankan laku Kirab garuda Merti Wayang Beber Garuda Arupa Bhumi bersama Masyarakat berkeliling Desa. Sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Melalui Jalan Pancasila, Nusantara, Garuda, Proklamasi, Merdeka, Dharma Atmaja sebagai Perisai Bhinneka. Acara sederhana kami merupakan yang pertama di Dunia. Kebersamaan Masyarakat menjadi Anugrah bagi kami. Rahayu Nusantara,” tutur Indra Suroinggeno.

Yang tidak kalah menarik adalah bahwa warga Pedukuhan Kanutan menamai jalan dan gang-gangnya dengan nama-nama yang sangat nasionalis. Jalan Pancasila, Nusantara, Garuda, Proklamasi, Merdeka dan lain-lain. Karang Taruna sebagai tameng garda depan bersama pokdarwis dan seluruh warga bergotong-royong memajukan desa dengan berbagai eksistensi desa wisata, diantaranya
1. Museum Wayang Beber Sekartaji
2. Kampung Daluang, budidaya dan edukasi produksi daluwang (kertas dari serat pohon Daluang)
3. Ekoprint
4. Dan berbagai sanggar seni

Susunan Acara Merti Wayang Beber “Garuda Arupa Bhumi”
1. Pembukaan
2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
3. Ucapan selamat datang
4. Pembacaan Pancasila oleh Sanggar Bhuana Alit
5. Sambutan Dinas Pariwisata Bantul
6. Sambutan Dinas Kebudayaan Bantul
7. Sambutan Kapanewon Bambanglipuro
8. Bedah Wayang Beber Pancasila
9. Wawasan Nasionalisme Oleh Kolonel Sus Yuto Nugroho S.S
10. Keduk Tumpeng
11. Ritual Merti Wayang Beber “Garuda Arupa Bhumi”
12. Pemotongan Pita Dilanjutkan Dengan Kirab Garuda Melewati Jalan Pancasila, Dharma Atmaja, Nusantara, Garuda, Proklamasi, Merdeka

Reporter Eko Marwanto

Iklan

error: