RUMBAI – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mhd. Jahari Sitepu didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Mulyadi berikan Penguatan Tugas Pokok dan Fungsi Petugas Pemasyarakatan yang digelar di Aula Lantai 3 Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIB Rumbai.

Turut hadir Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, Dan Keamanan Kanwil Kementerian Hukum Dan HAM Riau , Subakdo Wulandoro, beserta Jajaran Divisi Pemasyarakatan, kegiatan diikuti langsung oleh Kepala Lapas Narkotika Kelas IIB Rumbai, Sugiharto, bersama Kepala LPKA Kelas II Pekanbaru, Sugiyanto, serta Kepala Lapas Terbuka Kelas III Rumbai, Efendi Parlindungan Purba.

“Coba-coba kalian bermain narkoba, baik jadi pemakai atau malah jadi penyelundup barang haram tersebut kedalam lapas/rutan, tak ada ampun, saya akan PECAT!,” kata Mhd. Jahari Sitepu, Kepala Kanwil Kemenkumham Riau saat memberikan pengarahan pada jajaran petugas di 3 satuan kerja Pemasyarakatan di Rumbai, Senin (15/5).

Pertama, saya ingin mengingatkan agar seluruh petugas pemasyarakatan bekerja berlandaskan 3 Prinsip Pemasyarakatan Maju plus Back To Basic yang dicanangkan Bapak Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga.

“Jangan ada pengkhianat dalam organisasi. Saya gak main-main, kalau kalian tidak percaya, silahkan buktikan (omongan saya ini),” ucap Kakanwil. Seketika kalian bermain narkoba, ditangkap dan divonis, maka langsung saya pindahkan ke Nusa Kambangan. Catat itu!, tambahnya lagi mengingatkan. Masih ada waktu untuk bertobat, berhentilah dari sekarang. Jangan lagi bermain narkoba. Sayangi anak istri kalian. Sayangi keluarga kalian yang telah bangga terhadap kalian. Jangan sampai buat malu keluarga apalagi institusi ini.

Lalu, Kakanwil meminta para kepala lapas harus saling mengingatkan dgn jajaran. “Jangan bosan-bosan. Terus menerus ingatkan agar terukir dalam sanubari para petugas,” pesannya.

Dalam kegiatan ini Kakanwil mengajak seluruh jajaran mengikrarkan diri dan berjanji secara bersama-sama untuk tidak terlibat dengan narkoba dan menyatakan diri siap untuk diberhentikan apabila melanggar janji tersebut.

Selanjutnya kakanwil meminta agar jangan ada pungutan liar kepengurusan PB/CB/CMB dan remisi atau pungutan lain terhadap layanan yang diberikan kepada WBP. Berantas peredaran HP dan fungsikan wartelsuspas dalam lapas/rutan/LPKA. Lakukan pemutakhiran data bagi WBP yg blm memiliki NIK dalam rangka pemilu dan pastikan lapas/rutan/LPKA dalam keadaan aman, kondusif dan terkendali.

Tak lupa kakanwil berpesan untuk mengecek kondisi sarpras lapas terutama instalasi listrik kantor maupun blok hunian. Lakukan counter berita terhadap berita negatif dengan mempublikasikan kegiatan positif UPT, lanjutnya lagi.

Pengarahan ditutup dengan kegiatan tanya jawab dengan petugas dan pemeriksaan tes urin dengan hasil NEGATIF.

Iklan

error: