SLEMAN – Keluarga Besar SMP Negeri 2 Gamping Gelar Syawalan dan Halal Bihalal. Acara Sawalan diikuti oleh Kepala Sekolah, Guru, Staf TU, Komite Sekolah dan Siswa SMP Negeri 2 Gamping, Sabtu (29/04/2023) pagi tadi. Diselenggarakan 2 hari menjelang masuk sekolah setelah libur Idul Fitri dimanfaatkan untuk kegiatan Syawalan dan Halal Bi Halal.

“Acara ini dilaksanakan 2 sesi, pagi hari antar murid dengan guru. Sedangkan sesi ke kedua yaitu wali murid, guru dan Staf TU serta Komite Sekolah dan Karyawan Sekolah.” Terang Ketua Komite Sekolah Abdul Jabar Arman.

Arman juga menambahkan, Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun ini bertujuan untuk saling memaafkan antar siswa, guru dan pegawai terhadap segala kesalahan baik disengaja maupun tidak selama setahun.

Momen Halal Bihalal ini dihadiri oleh semua guru, staf TU dan siswa sekaligus menjadi evaluasi awal kehadiran setelah libur Idul Fitri.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Gamping, Rismanto SPd, M.Or menjelaskan bahwa sekolah yang dipimpinnya mencoba mengajak keluarga guru, keluarga karyawan dan keluarga staf TU untuk hadir diacara syawalan dan halal bihalal agar lebih guyup dan kompak sebagai keluarga besar.

Kegiatan yang diikuti 45 guru dan staf TU ini, dipusatkan di Aula sekolah dilanjutkan dengan ikrar syawalan yang dipimpin oleh Heru, S.Pd.

Selanjutnya, tausiyah hikmah Halal Bihalal disampaikan oleh Ustadz H. Zaenal Fanany MA, dalam tausiyahnya, ia mengingatkan pentingnya melanjutkan segala amalan-amalan positif yang dilakukan selama bulan Ramadan menjadi pembiasaan di bulan setelah Ramadan.

Fanany menjelaskan, berpuasa, membaca Al-Qur’an, salat malam, berinfaq, silaturrahim dan amalan lainnya agar menjadi orang yang bertaqwa. Selain itu, H. Zainal Fanany MA, juga menekankan agar perubahan yang diawali dari diri sendiri bisa ditularkan ke anggota keluarga dan lingkungan sekitar.

Acara Syawalan dan halal bihalal, kemudian diakhiri dengan salam-salaman. (AJA)

Iklan

error: