PALEMBANG -Kepala Hukum Korem 044/Gapo Mayor Chk Robby Optemy, S.H menjadi narasumber pada kegiatan PKKBM (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) di Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Bhakti Pertiwi Palembang Tahun Akademik 2023/2024 bertempat di Auditorium STIFI BP Jln. Demang Lebar Daun Lr. Ariodillah III Kota Palembang, Rabu (6/9/2023).

Sebagai narasumber pada materi Kehidupan Berbangsa, Bernegara dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara, Kakumrem 044/Gapo mengangkat judul “Mencintai Tanah Air Guna Menjaga Kedaulatan NKRI”. Kuliah yang berlangsung lebih kurang 90 menit itu mengajak Mahasiswa baru untuk memiliki wawasan kebangsaan dan ketahanan Nasional.

Kakumrem 044/Gapo memberikan gambaran dampak Globalisasi terhadap kehidupan bangsa yang ditandai dengan Isu Demokratisasi, penegakan hokum dan HAM, terorisme serta lingkungan hidup. Globalisasi tersebut menimbulkan ancaman serta tantangan yang berdampak positif dan negatif bagi keutuhan NKRI.

Proxy War terjadi melalui berbagai aspek berbangsa dan bernegara. Mulai dari menyerang generasi muda dengan narkoba, ancaman media sosial dengan mengedepankan disinformasi, fitnah, penyesatan, provokasi, pengalihan isu serta pembunuhan karakter. Ipoleksosbudhankam pun menjadi media ancaman untuk mem “blur” kan wawasan kebangsaan, ketahanan nasional dan cinta tanah air.

Mayor Chk Robby mengajak Generasi muda penerus bangsa untuk kembali ke koridor Pancasila dan UUD 1945 yaitu dengan menghormati hak azasi manusia, menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa, mengakui persamaan hak semua kelompok dan golongan, menghargai perbedaan, mendorong terwujudnya kedamaian, memajukan kerjasama di segala bidang serta tidak melakukan kekerasan dan penindasan.

Ujarnya “Tidak ada gunanya makmur dan modern namun kehilangan fundamental dan hal-hal terbaik dari bangsa kita. Dengan keberagaman kita tingkatkan IMTAQ serta kerukunan antar umat beragama. Selalu menjaga solidaritas sosial dan toleransi beragama serta mencintai tanah air. Marilah kita belajar hidup berdemokrasi yang lebih sehat, bertanggungjawab dan bermartabat”

“Indonesia milikku, milikmu, milik kita bersama. Selamat belajar dan berjuang, jangan pernah menyerah. Saya titipkan bangsa dan negara kepada kalian para Mahasiswa Pemuda Generasi penerus bangsa” Pungkasnya. (Aisyah)

Iklan

error: