NGANJUK – Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jatim, Mayjen TNI (Purn) Dr. Istu Hari Subagio, S.E, M.M berkomitmen ikut mendorong pulihkan ekonomi masyarakat, disampaikan saat Reses di beberapa desa yg menjadi sasaran Reses ke 2 tahun 2023 di wiliayah Kabupaten Nganjuk dan kokab Madiun pasca pendemi Covid-19 ini.

Hal itu disampaikan mantan Pangdam Bukit Barisan dalam reses ke 2 tahun 2023. Di titik ke 3 Ds. Jaan Kec. Gondang Kab. Nganjuk dihadiri narasumber dari mantan kepala KPK tahun 2015-2019 sekaligus Penasehat kapolri yaitu Bapak Ir. Agus Rahardjo, Msm yang akan maju dikursi DPD RI tahun 2024 nanti dan tentunya dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Jatim yaitu Endah Binawati Muriandini, SP, M.Si. Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa.

Istu menyampaikan bahwa dampak pandemi memang sangat dirasakan oleh masyrakat mulai dari perekonomian sampai ke bidang kehidupan lain seperti kesehatan pendidikan dll , Alhamdullilah sesuai tagline “ jatim optimis bangkit .” ditingkat provinsi Jatim sudah kembali pulih dengan pertumbuhan ekonomi ke angka 5,34 % lebih dari pertumbuhan nasional 4,8% dan dapat kontribusi nasional 13,98% paska terdampak Covid-19. Ini berkat kerja keras kita bersama pemerintah dengan leader Gubernur jatim Hal ini diikuti juga dg hasil produk unggul lain dengan kontribusi nomor 1 tingkat nasional dibanding propinsi lain seperti produk padi nomor 1 ditingkat nasional yakni 9,94 juta ton / tahun , gandum , cabe rawit , sapi potong , sapi perah dll dari nilai pertumbuhan ekonomi yang sebelumnya sempat ikut terjun bebas bahkan pada tahun 2020 menjadi minus 2,39% dampak pandemi covid -19

Politisi Partai Golkar melanjutkan, demikian juga dari tingkat kabupaten dan kota dapil saya ketimpangan wilayah, penduduk miskin ,angka pengangguran bahkan indeks pembangunan manusia (IPM) dari sudut pandang kesehatan pendidikan dan kesejahteraan juga mulai merangkak membaik

“Alhamdullilah, dengan gerak cepat pemrintah hal-hal tersebut bisa sedikit demi sedikit beranjak membaik. Kita berdoa semoga Pemprov Jatim cepat bisa kembali pulih dan kesejahteraan masyarakat kembali pulih,” katanya.

Untuk mengetahui kiat-kiat tersebut dari dinas PMD, Beberapa narasumber tadi menjelaskan bahwa pemerintah telah mengambil langkah-langkah strategis dalam pemulihan, baik melalui Pemanfaatan Dana desa, bantuan langsung bagi terdampak maupun melalui program yakni Jatim Puspa, Jatim Berdaya, Sinandu. Desa berdaya dll program bantuan lainya.

Sedangkan dalam sosialisasi Undang-undang pemerintahan desa, sekedar mengingatkan kepada aparatur desa tentang tupoksi aparat desa maupun potensi desa dalam membangkitkan ekonomi,” terangnya.

Dari pertemuan reses tersebut, respon dari masyarakat sangat baik. Banyak aspirasi yang disampaikan mulai insfrastruktur desa ,berupa , akses jalan menuju pertanian maupun perbaikan irigasi untuk menanggulangi banjir tahunan yang selalu menjadi hambatan petani bahkan gagal panen akibat banjir, kelangkaan pupuk subsidi , stabilitas harga paska panen dll.

Istu menambahkan, di Kabupaten Nganjuk saat ini juga sedang gencar-gencarnya untuk membangkitkan perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19.

“Semua sektor dimaksimalkan untuk membangkitkan perekonomian,” jelas istu yang juga mantan gubernur Akmil ini saat ditemui sedang melaksanakan agar pundi-pundi ekonomi daerah bisa pulih lagi usai pandemi Covid-19, yaitu menggencarkan dan menggali potensi masyarakat desa baik melalui Perdayakan UMKM, BUMDes maupun koperasi desa kalau kondisi infrastruktur, jalannya bagus dan layak dilalui, tentunya akan memudahkan transportasi. Dan tentunya ekonomi masyarakat akan menggeliat pulih dan pemasukan bagi daerah juga bisa meningkat, ” demikian tutupnya. (Emy)

Iklan

error: