Empat Terminal Sekaligus Diresmikan Presiden Jokowi

Presiden RI Joko Widodo meresmikan Terminal Purworejo (Purwanto/cakra.or.id)

PURWOREJO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo, Selasa, (02/01/2024) pagi, bertolak menuju Kabupaten Purworejo, untuk melakukan rangkaian kunjungan kerja. Kepala Negara bersama rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU sekitar pukul 06.35 WIB.

Tampak melepas Presiden dan Ibu Iriana yakni Danlanud Adi Sormarmo Marsma TNI Ridha Hermawan beserta istri dan Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Ali Akhwan beserta istri.

Setibanya di Helipad GOR Sarwo Edhie Wibowo, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan menuju pasar untuk mengecek sejumlah harga kebutuhan pokok. Setelahnya, Presiden akan menuju Terminal Purworejo untuk meresmikan empat terminal sekaligus yakni Terminal Purworejo di Kabupaten Purworejo, Terminal Mendolo di Kabupaten Wonosobo, Terminal Purboyo di Kota Madiun, dan Terminal Patria di Kota Blitar.

Dalam sambutannya Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, bahwa saat ini kemacetan hampir ada di semua kota. Menurut Jokowi macet karena saat ini semua orang sudah menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil pribadi, sepeda motor yang sangat banyak sehingga keluhan keluhan itu harus dijawab.

“Di kota kecil pun sekarang sudah macet, sehingga transportasi massal transportasi umum harus terus didorong,” kata Jokowi Diungkapkan, bahwa di Jakarta saat ini sudah ada MRT meskipun belum selesai, sudah ada KRL juga masih belum cukup sudah ada kereta cepat membantu tapi juga yang baru sampai di Bandung.

“Inilah kerja pemerintah yang kejar kejaran dengan kemacetan kemacetan di semua kota. Tidak mudah, tetapi kita harus berani membangun sarana dan prasarana yang mendukung transportasi massal yang mendukung transportasi umum meskipun banyak pro dan kontra, misalnya pembangunan kereta cepat tetapi antar kota di Jawa ini nanti pada suatu saat akan akan tersambung,” ungkapnya.

Menurut Jokowi, mau tidak mau kalau transportasi massalnya tidak terbangun akan macet dan bisa terjadi kalau itu tidak terbangun, misalnya di Jakarta keluar dari rumah, mau ke jalan sudah mentok macet.

“Oleh sebab itu saya sangat menghargai pembangunan terminal 4 terminal oleh Kementerian Perhubungan di Purworejo, Wonosobo, Madiun dan Blitar. Karena ini akan memberikan dukungan sarana dan prasarana transportasi, meningkatkan konektivitas antar kota antar kabupaten dan antar provinsi. Ini ya yang namanya terminal bus itu seperti ini saya sudah melihat ke dalam. Dan terminal ini sudah banyak fasilitas seperti area UMKM, sehingga bisa memberikan dukungan kepada peningkatan ekonomi,” tandasnya. (Pur)

Iklan

error: