DPUPKP Sleman Gelar Lomba SPAM Pedesaan

Fiyer pengumuman lomba SPAM Pedesaan

SLEMAN – Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan (DPUPKP) Kabupaten Sleman melalui Kelompok Substansi Prasarana dan Sarana Dasar Permukiman Bidang Cipta Karya menyelanggarakan Lomba Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Pedesaan Pengelolaan Air Bersih Tahun 2023. Lomba digelar dalam rangka peningkatan kapasitas pengelolaan air bersih di Kabupaten Sleman.

Lomba ini memperebutkan total hadiah 37 juta rupiah beserta Piala dan Piagam Bupati Sleman untuk dua kategori, yakni inovasi tata kelola (3 juara) dan inovasi pengembangan (3 juara).

Pendaftaran dijadwalkan pada 29 Mei – 7 Juli 2023 yang dilanjutkan dengan seleksi administrasi pada 10 – 14 Juli 2023. Tahapan berikutnya adalah penyisihan (presentasi) pada 26 Juli – 1 Agustus 2023 yang kemudian akan dilakukan tahapan final (verifikasi lapangan) pada 7 – 11 Agustus 2023. Tahapan akhir adalah pengumuman pemenang yang dijadwalkan pada 13 September 2023.

Hingga ditutup saat pendaftaran lomba. Lomba diikuti oleh 13 Kalurahan, yang terinci 11 Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum (KP-SPAM), satu Kalurahan sebagai Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) dan satu Kalurahan sebagai Penyedia Air Minum Desa (PAMDes).

Peserta lomba pengelolaan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Bening berasal dari Dusun Gondanglegi Kalurahan Wedomartani Kapanewon Ngemplak. Sementara itu, Kelompok Pengelola Penyedia Air Minum Desa (PAMDes) Tirtosari, dari Dusun Gatak Kalurahan Sendangsari Kapanewon Minggir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan (DPUPKP) Kabupaten Sleman, Taupiq Wahyudi, ST., MTP menyatakan lembaganya menggandeng sembilan dinas terkait sebagai dewan juri dalam Lomba SPAM Pedesaan Pengelolaan Air Bersih Tahun 2023.

“Salah satu aspek yang sangat menentukan keberlanjutan program ini adalah terbentuk dan berfungsinya Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS). Dimana KP-SPAMS mempunyai tugas untuk mengelola operasi dan pemeliharaan dari sistem air minum yang sudah dibangun”, terangnya kepada awak media ini, Selasa (1/8/2023). (MM)

Iklan

error: