Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Prediksi Kenaikan Kendaraan Sebesar 28 Persen

Suasana terkini di Terminal Giwangan Yogyakarta (Mukhlisin/cakra.or.id)

YOGYAKARTA – Seminggu menjelang lebaran, kota Yogyakarta mulai dipadati pemudik. Hal tersebut, mulai terlihat di terminal Giwangan, stasiun Lempuyangan dan stasiun Tugu, Kamis (13/4/2023).

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Golkari Made Yulianto ketika ditemui cakra.or.id di kantornya membenarkan bahwa berbagai kendaraan pribadi mulai memadati jalan-jalan utama di Yogyakarta.

“Di seluruh kota Yogyakarta terdapat 58 simpang, dari jumlah tersebut, 32 simpang sudah terintegrasi dengan kamera pemantau kendaraan, sehingga titik-titik kemacetan dapat segera diurai,” terangnya.

Selanjutnya, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan membangun tiga posko lebaran, yang ditempatkan di titik nol kilometer, simpang tiga arah Malioboro dan pal Tugu Jogja, tambahnya.

Sementara itu, berdasar data di Terminal Penumpang Tipe A Giwangan Yogyakarta per 12 April 2023, kendaraan AKAP tiba berjumlah 4.480, keluar 4.610. Untuk AKDP tiba 757 kendaraan, keluar 796. Dan lainnya, tiba 2.431, keluar 2.475 kendaraan.

Di agen bus Cempaka yang disambangi News Cakra, Warti, menuturkan bahwa sejak pertengahan ramadan ada kenaikan penumpang tujuan Sumatra sebesar lima persen.

Salah seorang pemudik asal Jambi, Endah, mengaku mudik lebih awal karena khawatir kehabisan tiket. (Mn)

Iklan

error: