Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan BUMKal

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Kalurahan Samsul Bakri (kedua dari kiri) saat memberikan sambutan (MM/cakra.or.id)

SLEMAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKaL), Selasa (6/6/2023). Acara yang digelar di Grha Pradipta SMP Negeri 1 Sleman dan dihelat selama 4 hari (6-9 Juni) ini, diikuti 95 peserta.

Adapun peserta terinci sebagai berikut: Direktur Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) sebanyak 72 orang, Direktur Badan Usaha Milik Kalurahan Bersama (BUMKalma) 10 orang, Tenaga Ahli Pendamping Masyarakat (TAPM) 5 orang dan Pendamping desa 8 orang.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bupati Sleman Bidang Perekonomian Pembangunan Heru Saptono juga dihadiri Kepala SMP Negeri 1 Sleman Agus Istiadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Samsul Bakri, Pengajar Politeknik Keuangan Negara STAN Ahmad Solikhin, dan Ketua Forum BUMKalma Sleman Raden Agus Kholik.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bidang Perekonomian Pembangunan Heru Saptono, menyatakan dengan peningkatan kompetensi pengelola keuangan BUMKal dan BUMKalma diharapkan bisa mengurangi kebocoran anggaran. Ia juga berpesan para pengelola BUMKal dan BUMKalma bisa transparan dan akuntabel dalam mengelola uang rakyat.

Tim pemateri dari Politeknik Keuangan Negara STAN Jakarta dan para peserta Bimtek

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Samsul Bakri menyatakan dengan adanya pembekalan dan pendampingan laporan keuangan diharapkan kinerja keuangan BUMKal dan BUMKalma menjadi tertata dengan baik.

Sebagai informasi, di Kabupaten Sleman terdapat 72 BUMKal dari 86 Kalurahan. Artinya, masih ada 14 Kalurahan yang belum memiliki Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal).

Dan perlu untuk diketahui, bahwa kegiatan Bimtek dan Pendampingan Laporan Keuangan BUMKal dan BUMKalma merupakan kegiatan yang diinisia oleh Tim Politeknik Keuangan Negara STAN Jakarta dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan kabupaten Sleman.

Bimtek dan Pendampingan Laporan Keuangan bagi BUMKal dan BUMKalma yang berlangsung selama 4 hari merupan bentuk pengabdian kepada masyarakat dari Politeknik Keuangan Negara STAN. Kegiatan yang dibagi menjadi 8 kelompok ini, para peserta belajar teori dan praktek. (MM)

Iklan

error: