OKU – Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika, S.I.P., M. SI., M. Tr (Han) tutup TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Tahun Anggaran (TA) 2023, Komando Distrik Militer (Kodim) 0403/OKU, di Lapangan Desa Karang Endah, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten OKU, Kamis (10/8/2023).

Panglima Kodam II/Sriwijaya dalam sambutannya yang dibacakan oleh Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo Brigjen TNI M Naudi Nurdika mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Daerah, Instansi terkait, personel yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-117 TA 2023 dan seluruh komponen bangsa yang telah berpartisipasi aktif mendukung terlaksananya TMMD Ke-117 TA 2023 untuk membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemerataan pembangunan.

Pada pelaksanaan TMMD ke-117 TA 2023 kali ini mengusung tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat“.

“Sejalan dengan tema tersebut, saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bekerja bersama-sama membangun daerah, guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya,” ujarnya.

Kita patut berbangga program TNI Manunggal Membangun Desa di wilayah Sumatera bagian Selatan dari tahun ke tahun menunjukkan hasil yang memuaskan kegiatan TMMD yang dilaksanakan selama lebih kurang satu bulan mulai tanggal 12 Juli sampai dengan 10 Agustus 2023 hasilnya kian dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Berbagai hasil pembangunan sarana fisik dan non fisik telah mendorong perkembangan Desa secara umum, semua pencapaian ini tentunya karena adanya dukungan dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota serta segenap elemen masyarakat. Oleh karena itu selaku pengendali kegiatan operasional TMMD saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Gubernur serta Forkopimda Provinsi, Kapolda beserta jajarannya, Bupati, Walikota beserta Instansi Kementerian terkait dan khususnya kepada seluruh masyarakat yang telah bahu-membahu bersama Prajurit TNI mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan TMMD ke 117 Tahun 2023 ini.

Pada setiap kegiatan TMMD kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar di setiap wajah dan cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan, hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa yang memiliki Visi, Misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan kesejahteraan masyarakat

Semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari kemanunggalan TNI dengan rakyat yang merupakan roh perjuangan Bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara kemanunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan Nasional yang kokoh.

Dengan telah berakhirnya TMMD ke 117 ini Saya berpesan kepada kita semua khususnya kepada anggota Satgas TMMD dan segenap masyarakat sebagai berikut :

Pertama. Pelihara terus semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI-Polri rakyat jangan mudah terprovokasi oleh pihak manapun yang bertujuan untuk merusak persatuan dan kesatuan bangsa

Kedua. Tingkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama sebagai realisasi semangat gotong royong yang merupakan warisan asli budaya bangsa kita

Ketiga. Pelihara hasil-hasil program TMMD ke 117 ini dengan sebaik-baiknya agar manfaatnya dapat dirasakan dalam kurun waktu yang lama

Mewakili seluruh Prajurit dan Satgas TMMD ke 117 saya memohon maaf apabila selama pelaksanaan TMMD ada tingkah laku dan tindakan yang kurang berkenan di hati masyarakat OKU,” tutup Danrem.

Sementara itu Komandan Kodim 0403/OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine dalam laporannya menyampaikan bahwa TNI AD dalam melaksanakan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan aspek darat dengan melaksanakan fungsi utama pembinaan teritorial yang bertujuan untuk menyiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini dengan sasaran mewujudkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh.

“TMMD merupakan bagian dari program bakti TNI yang dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat, instansi terkait dan lembaga pemerintahan. Program ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mendorong bertambahnya partisipasi aktif masyarakat di pedesaan untuk membangun daerahnya, guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan terciptanya kondisi keamanan yang kondusif di pedesaan sebagai prasyarat berlangsungnya pembangunan berbagai aspek untuk percepatan kemajuan wilayah,” pungkas Letkol Harri.

Turut hadir Unsur Forkopimda Pj. Bupati OKU diwakili Sekda Dharmawan Irianto, S. Sos., M.M, Ketua DPRD OKU diwakili Sekwan DPRD Iwan Setiawan S.Ag, S.Sos, M.Si, Dandim 0403/OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine, Kapolres OKU diwakili Kabag SDM Kompol Marwan, Ketua PN Baturaja diwakili Perdinaldo Hendrayu Bonodikum, SH., MH. Kajari OKU diwakili Kasi BB Fajri AF Sanusi SH.MH, Ketua PA Baturaja diwakili panitera H. Khairudin S.Ag.MH, dan Para undangan yang hadir. (Aisyah)

Iklan

error: