WONOSOBO – Dandim 0707/Wonosobo Letkol Inf Rahmat melaksanakan Jam Komandan. Kegiatan ini dilaksanakan setelah acara halal bihalal yang diikuti anggota militer serta PNS bertempat di aula Makodim. (2/5/2023)

Dalam kesempatan tersebut Dandim menyampaikan antara lain saat ini sudah memasuki tahun politik. Sesuai instruksi komando atas semua prajurit harus netral tidak boleh mendukung salah satu partai politik.

Prajurit tidak boleh memberikan komentar, meminjami kendaraan dan sebagainya untuk kegiatan politik. Itu demi terlaksananya pesta demokrasi yang jujur dan adil.

Lebih lanjut disampaikan situasi Wonosobo masih sering dilanda hujan dengan intensitas yang cukup tinggi dan dalam waktu lama. Ini mengundang potensi bencana untuk itu kepada para Babinsa dan Danramil apabila di wilayahnya terjadi hujan lebih dari 2 jam maka waspadai.

“Pantau wilayah tersebut dan jika terjadi bencana maka segera berikan pertolongan dan laporakan secepat mungkin ke pimpinan sehingga pimpinan bisa memberikan arahan,” kata Dandim.

“Selain bencana yang masih sering terjadi di Wonosobo yang tidak kalah penting untuk dipedomani para anggota adalah permasalahan yang terjadi di lingkungan TNI. Masih ditemukan beberapa pelanggaran yang bermula dari hal – hal sepele dan rasa jiwa korsa yang salah sehingga merugikan banyak pihak termasuk prajurit itu sendiri.

Untuk itu sebagai pimpinan mengingatkan kepada para anggota agar hindari pelanggaran. Jika itu terjadi maka yang rugi tidak hanya diri sendiri akan tetapi keluarga bahkan satuan pun juga akan terkena dampaknya” kata Letkol Inf Rahmat.

Agar terhindar dari pelanggaran diharapkan para anggota agar lebih memahami peran dan tugas masing-masing. Khusus kepada Babinsa agar selalu hadir di tengah – tengah masyarakat, guna membantu kesulitan warga binaannya.

Pahami lagi tugas dan peran Satkowil dengan membantu kesulitan masyarakat yang bersifat memberikan motivasi dan dorongan, timbulkan berbagai macam inovasi dan kreasi dalam pelaksanaan Binter di lapangan, Jauhkan diri kalian dari segala macam bentuk pelanggaran yang akan merusak diri, keluarga dan satuan.

Dalam kelancaran tugas di lapangan agar para Babinsa senantiasa bisa mengembangkan jaring teritorial yang sudah dibina untuk menunjang kelancaran tugas di lapangan, dengan terus mencari data, informasi deteksi dini, sistem lapor cepat dan temu cepat terkait mendukung tugas satuan.

Lebih lanjut Dandim menekankan, hati-hati dengan berita hoax, anggota jangan langsung percaya dengan berita yang dikirim melalui media sosial. Kita harus bisa mencerna berita itu dan kita jangan asal mengirim informasi yang belum tau kebenarannya.

Mengakhiri arahannya, Dandim berpesan kepada seluruh anggota, agar tetap menjaga kekompakan, selalu jaga kesehatan, jaga keharmonisan dalam rumah tangga serta hindari pelanggaran sekecil apapun yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga maupun satuan, tutupnya.

Sumber : Pendim 0707

Iklan

error: