Cumplung Bolong

Cumplung Bolong (berlubang)

Jagat kearifan lokal memang penuh dengan isyarat dan makna yang selalu menarik untuk dikupas. Segala hal selalu dikaitkan dengan mitos, gugon tuhon dan diyakini punya kekuatan mistis.

Pembahasan kali ini mengenai kajian kelapa berlubang karena dilubangi oleh tupai :
•. Cumplung Netra, berlubang sejajar sehingga mirip mata.
•. Cumplung Tembus, berlubang dua lurus sejajar dari sisi satu dengan sisi lainnya sehingga bila pake untuk melihat seolah seperti teleskop atau teropong.
•. Cumplung Triguna, berlubang tiga
•. Cumplung Caturguna, berlubang empat
•. Cumplung Pancadewa, berlubang lima.

*Kajian Mistis*
Kelapa Berlubang, jika dirituali oleh Wong Agung, orang yg betul-betul faham sehingga bisa menyentuh dengan tepat ke ranah spiritual dengan benar, diyakini mampu memberikan manfaat untuk membantu kebutuhan manusia.

Bagi orang yang tau dan faham, jika mendapatkan kelapa berlubang tersebut akan sangat senang. Karena diyakini oleh sebagian orang kelapa berlubang ini tidak sembarang orang bisa mendapatkannya. “Hanya orang yang berjodohlah yang bisa mendapatkan ini.”

Banyak mitos dan cerita yang mengiringi cara mendapatkan buah kelapa berlubang ini :
•. tidak bisa langsung diambil dari pohonnya, harus menunggu jatuh namun tidak boleh jatuh menyentuh tanah, maka jika melihat kelapa berlubang yang masih menggantung biasanya kemudian di ikat supaya nanti ketika tanggal dari manggarnya tidak jatuh ke tanah.
•. Yang sudah jatuh ketanah, tunggu sampai sepetnya lapuk dan tinggal tersisa batok kelapanya saja.
•. Tuah yang bagus jika cumplung  tersebut didapat di aliran sungai.
•. Tuah yang istimewa apabila cumplung berlubang tersebut didapat di pinggir laut (hanyut di aliran sungai masuk ke muara dan terbawa arus ombak kembali ke pantai)

Menurut kajian Mistis, Cumplung Bolong  bisa digunakan setelah dilakukan ritual uborampe sesaji khusus, Cumplung Bolong ini biasa digunakan untuk :
1. Cumplung Bolong Netra. biasa di gantung di kandang ternak rumahan atau skala kecil (kandang ayam, kolam ikan) untuk tolak bala dan menjauhkan ternak dari gangguan penyakit, dan binatang-binatang pemangsa (luak, regul dll).
2. Cumplung Bolong Tembus, biasanya digunakan media trawangan
3. Cumplung Triguna, biasanya digunakan untuk penetralisir tempat dari pengaruh-pengaruh energi negatif.
– di taruh di gudang atau pabrik akan memberi rasa nyaman kepada para pekerja dan mengurangi konflik antar pekerja.
– di taruh di kandang ternak  bersekala sedang, untuk mengurangi resiko kematian ternak.

4. Cumplung Bolong Caturguna dan Pancadewa biasanya digunakan oleh raja atau nunjum kerajaan untuk kebutuhan kawasan yang bersifat sosial kemasyarakatan.

*Kajian dengan pendekatan teori pengaruh gelombang rendah terhadap alam sekitar psikologi makluk hidup*
Cumplung atau batok kelapa berlubang adalah menjadi ruang resonansi yang oleh pergerakan angin menghasilkan bunyi gelombang rendah (LF : Low Frekwensi). Semakin banyak lubang 3, 4 dan 5, ruang resonansi menghasilkan  frekwensi yang sangat rendah (ELF : Extrim Low Frekwensi).

Pengaruh atau dampak yang ditimbulkan oleh Gelombang rendah dan gelombang sangat rendah :
•. Semakin rendah frekwensi, semakin besar panjang gelombang. Artinya semakin besar panjang gelombang, semakin tidak didengar oleh telinga,  tapi berdampak pada kenyamanan psikologi.
•. Kondisi sekitar menjadi bersih dari makluk-makluk microskopik, binatang merayap, berbisa dan binatang-binatang malam lainnya. Karena gelombang rendah kurang disukai oleh mereka.
•. Memberi pengaruh rasa nyaman dan tenang bagi entitas hidup.

Selain memiliki fungsi yg telah dibahas diatas, cumpung bolong juga memiliki fungsi ekonomi yang lumayan. Banyak orang-orang yang membutuhkan dan berani mengapresiasi cumplung bolong dengan nilai rupiah yang cukup lumayan. (EM)

Salam Budaya
Warna Tanah Airku

Iklan

error: