TEMANGGUNG – Tak hanya penyelamatan pada manusia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung juga melakukan penyelamatan pada hewan yang terancam nyawanya.

Penyelamatan pada hewan ini dilakukan tim BPBD Kabupaten Temanggung pada Kamis (7/9/2023) siang, pada sapi milik Bin Slamet di Dusun Ngrancang RT 01 RW 03 Desa Bojonegoro, Kecamatan Kedu.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Toifur Hadi mengatakan, petugas piket mendapatkan informasi dari warga, adanya sapi lepas dari kandang dan tercebur ke sumur yang ada di dekat kandang.

“BPBD Kabupaten Temanggung menurunkan tim untuk melakukan evakuasi sapi yang tercebur di sumur. Evakuasi dengan cara petugas turun ke dalam sumur untuk selanjutnya mengaitkan tali pada tanduk,” jelasnya

Petugas BPBD, relawan dan warga, katanya selanjutnya menarik tali tersebut untuk mengeluarkan sapi keluar dari sumur yang berkedalaman beberapa meter tersebut.

Dikatakan sapi akhirnya bisa dikeluarkan dari sumur dalam keadaan selamat, untuk selanjutnya akan mendapat pemeriksaan untuk memastikan kesehatannya.

Lanjutnya, sumur masih dalam satu komplek dengan kandang sehingga diduga saat sapi terlepas lantas masuk ke sumur.

“Pada warga kami menghimbau untuk memberi pagar pada sumur agar ternak tidak masuk ke dalamnya juga demi keselamatan manusia,” kata dia.

Dia mengatakan BPBD tidak hanya penyelamatan pada manusia dalam kebencanaan tetapi juga pada hewan. (trs)

Iklan

error: