TELUK KUANTAN – Menjelang Lebaran, Satlantas Polres Kuantan Singingi (Kuansing), Dinas Perhubungan ( Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kuansing melakukan pengecekan kondisi armada bus dan para sopir, Kamis (20/4/2023).

Pengecekan tersebut untuk memastikan bus dalam kondisi layak jalan menjelang arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H

Dalam kegiatan itu, Satlantas Polres Kuansing mengecek perusahaan otobus (PO) yang berada di Kabupaten Kuansing. Dua perusahaan otobus yang dicek adalah PO PMH yang berada di jalan Proklamasi sei jering taluk kuantan dan PO Medan Jaya yang berada dijalan Perintis Kemerdekaan Taluk Kuantan.

Pada kesempatan itu, Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, juga turut hadir melaksanakan pengecekan. Adapun pengecekan mencakup perlengkapan bus seperti lampu, wiper, ban, mesin maupun surat- surat kendaraan.

Seluruh bagian dicek secara teliti, bahkan Kapolres dan petugas juga naik ke kabin bus untuk mengecek perlengkapan di dalamnya.

Menurut AKBP Pangucap, pengecekan dimaksudkan untuk memastikan kondisi bus dalam kondisi layak jalan. Hal itu sangat penting, mengingat memasuki masa arus mudik Lebaran.

“Bus ini kan juga digunakan untuk mengangkut pemudik nantinya. Jadi harus dipastikan kondisinya benar-benar layak jalan,” katanya seusai pengecekan.

Selain melaksanakan pengecekan terhadap kondisi bus, pada kesempatan tersebut Dinas Kesehatan memberikan pengecekan kesehatan kepada para sopir.

“Jadi selain kondisi bus yang baik, kesehatan sopir juga harus benar-benar prima dan baik. Karena nantinya sopir yang akan membawa masyarakat untuk mudik ke wilayahnya masing-masing,” jelas Kapolres.

Saat disinggung mengenai persiapan dalam mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H, AKBP Wahyu mengatakan jika Polres Kuansing mendirikan Pos pengamanan (Pospam) di 3 titik yang dirasa akan rawan terjadinya kemacetan.
3 Pospam tersebut akan didirikan di Bundaran Tugu Cerano Kecamatan Kuantan Tengah, Seberang Pantai Kecamatan Kuantan Mudik dan Desa Petai Kecamatan Singingi Hilir.

“Mudah-mudahan dengan upaya-upaya yang kita lakukan ini, selama libur lebaran maupun arus mudik dan arus balik berjalan dengan lancar, sehingga para pengguna jalan dapat terlayani dengan nyaman,” Ucap Kapolres

Sementara ditempat terpisah Kasat Lantas Polres Kuansing AKP Sandy Humisar Sibarani Menambahkan Bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka operasi Ketupat Lancang Kuning 2023 agar harapan “Supir Bus Lebih Tertib Dalam Berlalu Lintas dan terwujudnya Situasi kamseltibcar lantas yang Kondusif di wilayah hukum Polres Kuansing selama ops ketupat 2023 Dan meningkatkan public trust masyarakat terhadap polri dengan kehadiran polri di tengah-tengah masyarakat.” Tutup AKP Sandy

Sumber : Humas Polres Kuansing/Afriandi

Iklan

error: