12 Manfaat Es Jeruk Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

CAKRA.OR.ID
Manfaat Es jeruk Untuk Kesehatan
Manfaat Es jeruk Untuk Kesehatan (Pixabay)

Tapi tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat es jeruk untuk kesehatan? Ya, selain memberikan kenikmatan rasa yang menyegarkan, es jeruk juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut adalah 12 manfaat es jeruk untuk kesehatan yang harus Anda ketahui:

1. Kaya akan vitamin C

Jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C, dan ini juga berlaku pada es jeruk yang dibuat dari perasan jeruk segar. Vitamin C memiliki peranan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit, dan mempercepat penyembuhan luka. Dengan mengonsumsi es jeruk, Anda akan mendapatkan suntikan vitamin C yang dapat menjaga kesehatan tubuh Anda.

2. Menjaga kelembapan kulit

Kandungan air yang tinggi dalam es jeruk dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Saat kita mengonsumsi es jeruk, air yang terkandung dalam minuman ini akan mencukupi kebutuhan cairan tubuh kita, termasuk kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih segar dan terawat.

3. Mengurangi risiko terkena batu ginjal

Kandungan sitrat dalam jeruk mampu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. Ketika Anda mengonsumsi es jeruk secara teratur, sitrat dalam jeruk akan membantu menghambat pembentukan kristal-kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal. Jadi, minum es jeruk dapat membantu menjaga kesehatan ginjal Anda.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Jeruk mengandung serat dan flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung. Flavonoid adalah senyawa alami yang memberikan warna pada buah-buahan dan sayuran. Dengan mengonsumsi es jeruk, Anda bisa mendapatkan manfaat langsung dari flavonoid ini yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Meningkatkan pencernaan

Serat yang terkandung dalam es jeruk dapat meningkatkan pencernaan. Serat larut dalam air membantu mengatur fungsi usus dan mencegah sembelit. Dengan mengonsumsi es jeruk secara rutin, pencernaan Anda akan tetap lancar dan sehat.

Baca juga
Revitalisasi Bisnis Keluarga: Sukses Meresapi Nilai Tradisional dalam Lingkungan Modern

6. Menjaga kesehatan mata

Vitamin C dan antioksidan yang terdapat dalam es jeruk dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Anda. Antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam jeruk dapat melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

7. Meningkatkan energi

Jeruk memiliki kandungan gula alami yang dapat menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh. Saat Anda merasa lelah atau kehilangan energi, minum es jeruk dapat membantu mengembalikan energi Anda dengan cepat dan alami.

8. Menurunkan risiko kanker

Antioksidan dalam jeruk dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan risiko terkena kanker. Jadi, dengan mengonsumsi es jeruk secara rutin, Anda dapat membantu melindungi kesehatan Anda dan mengurangi risiko terkena kanker.

9. Mengurangi stres

Aroma jeruk diketahui memiliki efek menenangkan dan dapat membantu mengurangi stres. Ketika Anda minum es jeruk atau menggunakan minyak esensial jeruk, aroma jeruk ini akan merangsang indra penciuman Anda dan membantu Anda merasa lebih tenang dan rileks.

10. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium, magnesium, dan kalium yang terkandung dalam jeruk merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi es jeruk, Anda dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, mencegah osteoporosis, dan menjaga kesehatan tulang Anda.

11. Meredakan peradangan

Jeruk juga memiliki kemampuan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Jika Anda mengalami sakit tenggorokan atau gangguan pencernaan, minum es jeruk dapat membantu meredakan peradangan dan memberikan efek penyembuhan yang cepat.

12. Menjaga kesehatan gigi

Vitamin C dalam es jeruk dapat membantu menjaga kesehatan gusi dan gigi. Namun, perlu diingat bahwa kelebihan asam dalam jeruk dapat merusak email gigi, jadi pastikan untuk membersihkan mulut setelah mengonsumsi es jeruk.

Baca juga
Tips Berkendara Irit Bensin yang Wajib Diketahui

Itulah 12 manfaat es jeruk bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Dengan mengonsumsi es jeruk secara rutin, Anda dapat mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Jadi, jangan ragu untuk menikmati segarnya es jeruk sebagai minuman favorit Anda!